Breaking News
Loading...
Sunday 24 May 2015

Grebeg Kyai Panumbang

18:44
GEREBEG    KYAI PANUMBANG
NGURI-URI TRADISI & MEMULIAKAN PARA LELUHUR DESA SUMBANG
        (1) Apa potensi desa dan kearifan lokal desa Sumbang,  (2) Apa yang mampu menjadi produk unggul  desa Sumbang yang mampu dijadikan icon desa maupun kecamatan pada masa depan,  (3) Apa yang mampu dilakukan oleh desa dan kecamatan yang mampu membuat nama kecamatan Sumbang, diperhitungkan oleh kecamatan lain, menjadi acara kebanggaan semua masyarakat , even olahraga yang terbesar dikecamatan Sumbang,  (4) Apa yang membedakan desa Sumbang dengan desa-desa lain dikecamatan Sumbang……… ?
        Empat pertanyaan yang sederhana yang diajukan pada orang Sumbang, tetapi jawabanya yang agak sulit, dan perlu pemahaman yang menyeluruh agar mampu menjawab pertanyaan diatas. Ternyata hanya dengan satu frasa “ Gerebeg kyai Panumbang”, mampu menjawab masalah diatas.
        Kyai Panumbang, merupakan leluhur desa Sumbang, yang menurut cerita lesan para sesepuh, merupakan orang pertama yang menghuni desa Sumbang, beliau bersama kyai Ageng, eyang Tirtakrama, dan kyai Syarif diPenariban yang menyebarkan agama  Islam diwilayah Sumbang.
         Gerebeg  kyai Panumbang adalah acara budaya desa Sumbang yang berusaha untuk nguri-uri budaya Jawa pada masa lalu dan untuk mengingat kembali para leluhur yang  menjadi cikal bakal masyarakat Sumbang, baik sebagai desa atau sebagai kecamatan. Gerebeg  akan menjadi acara budaya unggulan desa Sumbang dan kecamatan Sumbang yg belum pernah ada sebelumnya, yang akan digelar setiap dua tahun sekali, pada hari jadi desa Sumbang, yang akan ditentukan kemudian, oleh stake holder desa Sumbang sendiri.
         Maqom kyai Panumbang dan kyai Syarif akan dipugar sebagai bukti kepedulian para anak cucu masyarakat Sumbang, untuk nguri-uri budaya leluhur, kedepan mudah-mudahan dapat menjadi tempat wisata religi seperti maqom syech Makdum Wali diKaranglewas, atau maqom syech Abdulrachman Kalibening Banyumas, memetri situs sejarah desa sendiri adalah salah satu langkah awal untuk membangun desa Sumbang dengan dasar budaya dan kearifan lokal.
Adapun acara yang akan dikembangkan untuk penanda kebangkitan desa Sumbang adalah sebagai berikut :
1.     Bersih Desa, acara ini diawali dengan bersih desa, bersih makam, bersih sumber air, jalan-jalan, rumah, pekarangan yang dilakukan dihari yang sama serempak satu desa  Sumbang.

2.     Gerebeg   kyai Panumbang, adalah acara ritual budaya untuk nyekar ke makam para leluhur desa Sumbang, dengan membaca kalimat Yasin dan tahlil, yang didahului dengan kirab budaya dari halaman kecamatan ke makam kyai Panumbang, dengan menggunakan pakaian tradisional yang melibatkan semua pejabat dan stake holder desa Sumbang, Lurah dan perangkat desa Sumbang,BPD dan semua organisasi dilingkungan desa Sumbang ( RW,RT dll ). Diteruskan dengan makan bersama dijalan sepanjang jalan depan kecamatan Sumbang sampai makam kyai Panumbang dengan menyantap nasi takir dan satu tumpeng slamet, yang telah didoakan oleh para tokoh agama ( semua agama ), dikepung oleh semua masyarakat dan peserta kirab budaya dengan makan bersama dijalanan.

3.     Gebyar pentas seni dan budaya, semua jenis seni dan budaya didesa Sumbang, ikut kirab budaya,dan pentas secara terbuka dilapangan desa Sumbang, untuk semua jenis kesenian tradisional yang masih eksis didesa-desa dikecamatan Sumbang diberi ruang untuk tampil secara mandiri dan dibantu oleh panitia biaya  tranportnya. Membuat panggung terbuka dibeberapa tempat sepanjang jalan depan kecamatan Sumbang jalan ditutup selama 3 hari,

4.     Gebyar promosi produk unggul desa Sumbang, semua hasil produksi industry rumah tangga, pertanian, perkebunan harus ditampilkan secara serentak di lapak-lapak yang dibangun oleh panitia berupa los untuk para peserta dengan mengganti biaya pembuatan lapak yang dibuat murah.
Semua instansi membantu dengan membuat stand yang separohnya harus diisi oleh kelompok unggulan produk dusun2 di Sumbang, sebagai wujud kepedulian kantor2 & Sekolahan yg ada didesa Sumbang pada pengusaha kecil dan menengah didesa  Sumbang.

5.     Gebyar olahraga akbar merupakan even olah raga terbesar didesa Sumbang, bila jumlah penduduk desa Sumbang ada 5000 orang, minimal harus mampu menggerakan 3000 orang ( 1000 KK ), yang harus  ikut olah raga jalan santai, dengan membayar karcis murah rp 2000,-/orang, dengan menggandeng sponsor akan dapat hadiah sepeda motor dan banyak hadiah lain yang dimintakan pada semua kantor2 dan sekolahan yang ada di desa Sumbang, yang penting semua orang mau ikut jangan cuma jadi penonton, jadi ukuran sukses yaitu bila mampu menggerakan semua warga desa Sumbang turun ke jalan ikut jalan santai.

6.     Pentas wayang ruwat bumi, dan wayang semalam seuntuk dengan dalang dari semua desa yang ada seniman dalang, melakukan pentas bersama dengan satu kelir besar yang menampung 3 – 4 dalang sekali pentas, dengan menggelar cerita yang disesuaikan.( agar murah cari dalang lokal desa/kecamatan Sumbang, tidak perlu dalang yang mahal, bila perlu memanfaatkan orang Sumbang sendiri kalau ada ).
Enam ( 6 )  poin diatas akan diexplor secara maksimal untuk memeriahkan acara hari jadi desa Sumbang dan gerebeg kyai Panumbang  akan dilakukan minimal 2 tahun sekali setiap tahun ganjil.
Acara ini didesain 2  tahunan yang digelar secara rutin sebagai agenda seni dan budaya resmi kecamatan Sumbang, dan merupakan even promosi produk lokal terbesar dikecamatan Sumbang.


LANGKAH – LANGKAH STRATEGIS UNTUK PERSIAPAN.

a.      Presentasi rencana ini didepan kades & perangkat desa, BPD dan tokoh masyarakat, tokoh agama desa Sumbang, untuk mulai menggali kerarifan lokal desa Sumbang, yang akan diexplor secara maksimal untuk dijadikan acara unggulan kecamatan Sumbang, dengan melibatkan secara maksimal masyarakat seluruh desa Sumbang sebagai modal dasar yang menangani acara ini dan melibatkan even organizer yang akan bekerja secara professional.
b.     Mengumpulkan semua tokoh seni,tokoh budaya, tokoh agama,tokoh pemuda, organisasi social kemasyarakatan, diberiikan gambaran yang benar apa yang akan dilakukan, peran apa yang akan harus dilakukan sebagai penggerak masyarakat, melaui tokoh2 di atas, agar mampu secara bersama mendukung acara budaya yang akan dilakukan.
c.      Membentuk panitia pelaksana tingkat desa Sumbang yang akan bekerjasama secara inten dan bersinergi dengan system kerja yang jelas, dan terpadu.
d.     Sosialisasi ke masyarakat melalui RT & RW semua wilayah desa Sumbang, tentang rencana acara gerebeg kyai Panumbang, dengan tujuan semua lapisan masyarakat mampu berpartisipasi aktip ,ikut semua acara yang sudah disiapkan, jangan hanya jadi penonton.
e.      Desa membuat perdes tentang hari jadi desa Sumbang, untuk patokan kapan acara Gerebeg Kyai Panumbang akan dilakukan, hari jadi ditentukan saja berdasarkan kesepakatan oleh semua unsur desa misal RT,RW,BPD,Perangkat, tokoh agama,tokoh pemuda,organisasi social, dan membentuk tim kecil untuk memberikan beberapa pilihan tanggal & bulan sebagai hari jadi desa, dan audiens tinggal memilih hari jadi yang secara umum disepakati.
f.       Mendorong/mengajak instansi (kantor2) dan sekolahan yang ada di desa Sumbang untuk ikut mendukung acara ini, dengan membuat panggung pertunjukan yang nanti akan diisi oleh semua jenis kesenian yang ada didesa Sumbang, misal didepan sektor ada panggung untuk pentas seni lengger, depan puskesmas panggung seni hadroh, depan UPK pendidikan pangung seni mocopatan/sholawatan, depan BPP panggung kuda lumping dll.
g.      Membuat acara budaya yang terbesar didesa Sumbang untuk penanda kebangkitan kecamatan Sumbang yang dimulai pada tahun 2015 ini menjadi tonggak sejarah kebangkitan kecamatan Sumbang.
h.     Agenda acara seni & budaya kecamatan sumbang harus masuk dalam agenda rutin acara budaya kabupaten Banyumas yang akan menjadi cikal bakal semua genda budaya didesa-desa kecamatan Sumbang.
i.       Mempersiapkan agenda acara rutin kecamatan, untuk menyongsong gedung baru kecamatan Sumbang, acara ini sebaiknya untuk menyambut kecamatan Sumbang mempunyai gedung baru yang akan segera dibangun, dan kedepan sudah mempunyai agenda rutin : Promosi, budaya,seni, olahraga dan ritual keagaamaan yang terbesar dikecamatan Sumbang.
       Hal penting yang sangat strategis adalah, bagaimana ide besar ini mampu diserap oleh stake holder baik untuk desa Sumbang atau kecamatan Sumbang, dan mampu diaplikasikan didesanya, dan harus mulai dari sekarang, bila pembangunan kantor kecamatan mampu direalisasikan pada tahun ini, maka pada akhir tahun 2015 acara diatas harus sudah mampu dilakukan sebagai penanda kebangkitan kecamatan dan desa Sumbang.
           Mengapa desa Sumbang yang harus mengambil tanggung jawab ini, ini seperti hal yang sama mengapa desa Sumbang dijadikan ibukota kecamatan Sumbang….. ?  
          Desa Sumbang menjadi ibukota kecamatan karena mempunyai kearifan lokal yang beda dengan desa lain, kearifan lokal itu adalah mempunyai leluhur orang pertama yang menghuni desa Sumbang, yang dikenal dengan kyai Panumbang, yang namanya diabadikan sebagai nama desa yang dikenal sebagai Sumbang.
          Memang bukan hal yang mudah, mengenalkan sesuatu yang baru pada desa dan masyarakat, itu menjadi bagian yang penting dari organisasi desa untuk mampu menemukan ke unggul an lokal desanya, yang berbeda dengan desa lain.
           Bila kita mampu menemukan sejarah masa lalu desa, dan mampu meng ekpresikan dengan kondisi masa kini dengan tepat, itulah sebenarnya yang dimaksud desa mempunyai kearifan lokal yang berguna bagi pijakan pembangunan desa pada masa kini.
          Semua hal yang sulit dan masih samar ini, akan mampu diwujudkan menjadi hal yang nyata dan bermanfaat bagi orang banyak, bila ada kekompakan antara desa dan tokoh masyarakat yang ada didesa Sumbang sendiri, semua harus siap dengan tantangan baru, karena menciptakan sesuatu yang baru harus didasari niat yang bersih, yaitu niat untuk memajukan desa & kecamatan Sumbang.
          Semoga Gusti Alloh memberi kita semua kekuatan dan kreatifitas yang terus menerus untuk mampu berbuat sesuatu walau sederhana tapi mampu membuat desa Sumbang dan kecamatan Sumbang menjadi lebih baik……… Amin.

Sumbang, 27 januari 2015
BKAD SUMBANG


Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer