Breaking News
Loading...
Tuesday 2 December 2014

Gethuk Goreng Indonesia Punya

06:16

GETHUK GORENG

Anda yang pernah berkunjung ke Purwokerto, dan singgah ke Sokaraja, pasti pernah mencoba makanan khas masyarakat Banyumas bernama Gethuk Goreng. Di Banyumas selain terkenal dengan Soto Sokaraja, keripik, dan Jenang Jaket, juga terkenal dengan gethuk gorengnya. Gethuk goreng terkenal bukan hanya di Banyumas bahkan sudah Nasional.

Pada mulanya gethuk goreng hanya memiliki satu varian rasa yaitu original. Namun seiring perkembangan jaman, gethuk goreng sekarang memiliki berbagai varian rasa, ada rasa durian, coklat dan lain sebagainya. Walaupun rasa variannya banyak tetapi bahan bakunya adalah singkong yang banyak dijumpai disekitar kita.

PROSES PEMBUATAN GETHUK GORENG :

proses pembuatan gethuk goreng juga sebenarnya tidak terlalu susah dan tidak menggunakan peralatan khusus. Semua proses pembuatan menggunakan peralatan tradisional. Disamping untuk menjaga citarasa yang khas, penggunaan peralatan tradisional ini bertujuan untuk menghindari adanya proses yang tidak terkontrol. atau dengan kata lain gethuk goreng ini dibuat dengan seratus persen tangan (hand-made).

PROSES 1 : Pemilihan Bahan Utama : Singkong dan Gula merah
Singkong sebagai bahan utama pembuatan gethuk goreng wajib dipilih dari singkong pilihan dengan tempat panen yang sama.Seperti kita ketahui, beda tempat panen beda pula rasa yang akan dihasilkan. Disini ada orang khusus yang berpengalaman bertahun-tahun menentukan kualitas singkong agar menhasilkan rasa yang sama dalam setiap pembuatannya. Perlu anda ketahui dalam sekali pembuatan gethuk goreng, singkong yang diperlukan sekitar 5-10 kuintal.Adapun ciri-ciri singkong yang baik sebagai bahan baku utamapembuatan gethuk goreng adalah 1. Singkong bersih dari hama penyakit dan warnanya putihbersih. 2. Singkong merupakan hasil panen dari satu tempat dan bukan dari tempat yang berbeda-beda.Ini bertujuan untuk menghindari tercampurnya singkong dari tempat panen yang satu dengan tempat panen yang lain.dengan demikian akan menghasilkan satu rasa gethuk goreng.

Bahan lainnya adalah gula jawa atau gula merah. Pemilihan gula jawa juga sangat penting, sebagai bahan pemanis alami, gula jawa juga didatangkan dari tempat yang sama. ini bertujuan untuk menghindari gula jawa yang proses pembuatannya di campur dengan pemanis buatan. sehingga manisnya tidak berbahaya bagi kesehatan kita.

PROSES 2 : PENGUKUSAN SINGKONG
Setelah pemilihan bahan sudah selesai, Singkong-singkong tersebut di kupas dan dibersihkan. jangan lupa singkong juga harus dibuang bagian akar tengahnya....singkong harus dikukus agar benar-benar matang hingga bagian dalamnya. Setelah singkong dikukus hingga matang, angkat singkong dan biarkan beberapa saat terlebih dahulu.

PROSES 3 : MENUMBUK SINGKONG
Setelah proses pengukusan selesai, jangan lupa tumbuk singkong pelan-pelan agar hancur dan jangan lupa sedikit demi sedikit tambahkan gula merah yang sudah diencerkan dengan cara dipanaskan, tumbuk terus agar singkong dan gula merah bisa bercampur dengan baik. Proses ini adalah yang tersulit. Selain membuthkan tenaga yang banyak, adonan singkong dan gula merah harus tercampur dengan merata. sehingga ditumbuk dalam waktu yang lumayan lama.

PROSES 4 : PENGGORENGAN
Sebelum getuk digoreng jangan lupa balurkan terlebih dulu dengan tepung (lihat gambar). Namanya juga gethuk goreng jadi harus melewati proses penggorengan. Sebenarnya setelah singkong yang ditumbuk dan campuran gula merah jadi sudah bisa dimakan atau getuk yang masih mentah. Dalam menggoreng gethuk juga jangan lupa bikin bulat-bulat dan goreng dengan api yang panas.tidak disarankan menggunakan api dari gas. Sekali lagi ini bertujuan untuk menghasilkan cita rasa yang khas. semua proses penggorengan menggunakan kayu bakar.masukkan gethuk yang sudah dibuat bulat-bulat kedalam adonan tepung yang encer.terakhir gorenglah gethuk.Angkat dan tiriskan.Gethuk  goreng siap disajikan

PROSES 5 : PENYAJIAN
Gethuk goreng telah jadi selanjutnya anda bisa langsung memakannya.
Saran penyajian : Gethuk goreng akan terasa nikmat bila dihidangkan dengan segelas teh atau secangkir kopi di pagi atau sore hari. Bahkan anda bisa menyajikan gethuk goreng sebagai bagian dari COFFEE BREAK di kantor atau di hotel. bahkan sangat bagus sebagai jamuan buat tamu istimewa anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer